Sabtu, 10 November 2007

PERPUSTAKAAN


SEKILAS PERPUSTAKAAN
Perpustakaan Universitas Sanata Dharma terdiri dari dua unit perpustakaan yaitu Perpustakaan Kampus Mrican dan Perpustakaan Kampus Paingan yang dikelola secara sentralisasi. Perpustakaan kampus Mrican merupakan perpustakaan Pusat, yang terdiri dari 4 lantai, sedangkan Perpustakaan Kampus Paingan merupakan perpustakaan cabang, yang terdiri dari 2 lantai dan berkonsentrai pada pelayanan pengguna bagi sivitas akademika USD yang berada di Kampus Paingan. Perpustakaan Mrican dan Paingan dihubungkan dengan jaringan komputer untuk dapat melayani penggunanya secara online. Sistem layanan yang digunakan adalah "sistem terbuka", dimana pengguna dapat memilih dan mencari sendiri koleksi yang diinginkan.

SEJARAH PERPUSTAKAAN

1. Tahun 1955 Perpustakaan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Sanata Dharma berdiri
2. Tahun 1958 PTPG Sanata Dharma menjadi FKIP Sanata Dharma
3. Tahun 1965 FKIP Sanata Dharma menjadi IKIP Sanata Dharma
4. Tahun 1993 IKIP Sanata Dharma menjadi Universitas Sanata Dharma
5. Tahun 1995 Perpustakaan USD menempati gedung baru
Penggunaan katalog elektronik dengan CDS / ISIS (Computerized Documentation Services / Integrated Sets of Information Systems)
6. Tahun 1996 Database buku dan skripsi bisa diakses oleh semua fakultas dan jurusan melalui jaringan komputer Perpustakaan USD membuka layanan ruang baca di kampus Paingan
7. Tahun 1999 Perpustakaan USD membuka layanan peminjaman di kampus Paingan
8. Tahun 2000 Penggunaan program NCI Bookman dan pemasangan barcode buku
9. Tahun 2001 Dimulai pengelolaan Jurnal Info Persadha
10. Tahun 2003 Perpustakaan Kampus Paingan berlokasi di gedung baru mulai tanggal 3 Januari 2003
11. Tahun 2005 Penyempurnaan program NCI Bookman dengan versi SQL dan terintegrasi antara pengadaan, pengolahan, pelayanan Perpustakaan USD membuka layanan “jarak jauh”
12. Tahun 2006 Launching website perpustakaan
13. Tahun 2007 Pemanfaatan electronic gate, digitalisasi koleksi skripsi dan pemasangan hotspot di perpustakaan

VISI - MISI
VISI

Perpustakaan USD adalah bagian tak terpisahkan dari Universitas Sanata Dharma yang terpanggil untuk mencari, menemukan, dan mengungkapkan kebenaran yang sejati, serta ikut ambil bagian dalam pembinaan generasi muda dengan berlandaskan pada nilai-nilai kebangsaan dan kebudayaan nasional, nilai-nilai kristiani, dan spiritualitas Ignatian.
Oleh karena itu, Perpustakaan USD sebagai suatu sistem penyedia dan pengelola informasi berperan aktif dalam mendukung usaha seluruh sivitas akademika USD untuk menggali kebenaran, mengembangkan ilmu dan membina generasi muda dengan dilandasi semangat cinta kasih dan pengabdian pada sesama.

MISI
1. Menyediakan dan mengelola bahan-bahan informasi yang aktual lengkap dan akurat, khususnya berupa bahan pustaka baik tercetak maupun elektronis, untuk mendukung kegiatan USD dalam proses belajar mengajar, penelitian dan pengembangan ilmu, serta pengabdian kepada masyarakat.
2. Menyediakan jasa layanan berupa pemakaian, peminjaman, penggandaan bahan-bahan pustaka, serta menyediakan fasilitas sarana prasarana lainnya yang diperlukan dalam rangka mendukung kegiatan seluruh civitas.
3. Menjaga, melestarikan, dan mengembangkan bahan-bahan informasi yang merupakan kekayaan koleksi Perpustakaan USD.
4. Meningkatkan terus-menerus kualitas perpustakaan sebagai suatu sistem penyedia dan pengelola informasi yang modern, serta tanggap terhadap kemajuan ilmu dan teknologi.
5. Mengadakan kerjasama dengan perpustakaan dan penyedia informasi lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerjanya.
GEDUNG
PERPUSTAKAAN KAMPUS MRICAN

Perpustakaan Kampus Mrican sebagai perpustakaan pusat yang berisi koleksi – koleksi untuk program studi sosial, selain koleksi khusus Pustaka Artati dan Pusdok Verhar. Perpustakaan Mrican berlokasi di Kampus II Universitas Sanata Dharma, dengan alamat di Mrican Tromol Pos 29 Yogyakarta. Perpustakaan Mrican menempati sebuah gedung berlantai empat dengan luas sekitar 4000 m2 dengan perincian sebagai berikut :

1. Lantai Basement, terdiri dari :
a. Ruang Koleksi Sirkulasi, Koleksi Majalah Terjilid, Koleksi Khusus (Artati dan Verhaar)
b. Pelayanan Ruang Baca
c. Ruang Pemeliharaan Koleksi

2. Lantai I, terdiri dari :
a. Lobby dan Display Koleksi Baru (Buku dan CD-ROM)
b. Ruang Maulana (Ruang pertemuan berkapasitas 60 orang)
c. Ruang Kepala dan Wakil Kepala Perpustakaan
d. Pelayanan Loker
e. Pelayanan Sirkulasi dan Administrasi Pelayanan
f. Bagian Administrasi
g. Bagian Pengembangan Koleksi
h. Bagian Pengolahan Koleksi

3. Lantai II, terdiri dari :
a. Pelayanan Workstation
b. Pelayanan Ruang Baca
c. Ruang Koleksi Cadangan
d. Ruang Koleksi Referensi
e. Pelayanan Fotokopi

4. Lantai III
a. Ruang Koleksi Jurnal/Majalah Lepas
b. Ruang Koleksi Surat Kabar
c. Ruang Koleksi Skripsi
d. Pelayanan Ruang Baca
e. Pelayanan Fotokopi
f. Ruang Diskusi

PERPUSTAKAAN KAMPUS PAINGAN
Perpustakaan Kampus Paingan adalah perpustakaan cabang yang berisi koleksi – koleksi untuk program studi eksakta. Perpustakaan Paingan berlokasi di Kampus III Universitas Sanata Dharma, dengan alamat di Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Perpustakaan Paingan terdiri dari 2 lantai dengan perincian sebagai berikut :

1. Lantai I, terdiri dari :
a. Pelayanan Loker
b. Ruang Kepala Perpustakaan
c. Display Koleksi Baru (Buku dan CD-ROM)
d. Pelayanan Sirkulasi
e. Pelayanan Administrasi
f. Pelayanan Koleksi Sirkulasi
g. Pelayanan Ruang Baca
h. Ruang Koleksi Sirkulasi
i. Ruang Koleksi Terbitan Berkala (Jurnal/Majalah, Surat Kabar)

2. Lantai II, terdiri dari :
a. Pelayanan Workstation
b. Pelayanan Ruang Baca
c. Pelayanan Fotokopi
d. Ruang Koleksi Cadangan
e. Ruang Koleksi Referensi
f. Ruang Koleksi Tugas Akhir

KOLEKSI
1. Koleksi Buku Teks
Koleksi buku teks di Perpustakaan USD hingga bulan September 2006 berjumlah 93.062 judul, 181.253 eksemplar. Koleksi buku teks terdiri dari:

1.1 Koleksi sirkulasi
Koleksi sirkulasi adalah buku-buku yang dapat dipilih sendiri untuk dipinjam dibawa pulang oleh anggota biasa.

1.2 Koleksi cadangan.
Koleksi cadangan merupakan 1 eksemplar koleksi yang dimaksudkan untuk cadangan dari koleksi sirkulasi apabila pada waktu tertentu koleksi sirkulasi habis dipinjam. Koleksi ini diletakkan di ruang baca, hanya dapat dibaca di tempat dan difotokopi.

1.3 Koleksi Referensi
Koleksi referensi merupakan koleksi rujukan untuk mempelajari dengan cepat berbagai bidang ilmu. Terdiri dari kamus, ensiklopedi, biografi, almanak, tahunan, direktori, handbook, dll. Koleksi ini diletakkan di ruang baca, hanya dapat dibaca di tempat dan difotokopi.

2. Koleksi Terbitan Berkala
Koleksi terbitan berkala merupakan bahan informasi yang diterbitkan oleh institusi pemerintah maupun swasta, perguruan tinggi, lembaga-lembaga, organisasi profesi, perusahaan maupun kelompok masyarakat yang terbit secara berkala. Koleksi terbitan berkala di Perpustakaan USD terdiri dari koleksi majalah terjilid berjumlah 195 judul 2.329 jilid, majalah lepas berjumlah 212 judul 1.262 eksemplar, jurnal terjilid berjumlah 427 judul 3.777 jilid, jurnal lepas berjumlah 528 judul 3.661 eksemplar, surat kabar 12 judul, dan tabloid 4 judul. Koleksi ini diletakkan di ruang baca, hanya dapat dibaca di tempat dan difotokopi.

3. Koleksi Tugas Akhir
Koleksi Tugas Akhir merupakan koleksi hasil studi mahasiswa dan dosen yang studi lanjut. Terdiri dari skripsi berjumlah 10.669 eksemplar, tesis berjumlah 51 eksemplar dan disertasi. Koleksi ini diletakkan di ruang baca, hanya dapat dibaca di tempat dan difotokopi.

4. Koleksi Elektronis
Merupakan koleksi yang dikemas dalam bentuk digital. Terdiri dari CD-ROM berjumlah 639 judul 1.854 keping, disket berjumlah 117 judul 150 buah, kaset berjumlah 29 judul 83 buah. Koleksi CD-ROM yang ada mencakup program komputer, lampiran buku-buku teks dan CD-ROM multimedia. Koleksi tersebut dapat dimanfaatkan di perpustakaan dengan komputer multimedia atau dipinjam dibawa pulang bagi anggota biasa.

5. Koleksi Khusus
Koleksi khusus terdiri dari koleksi pustaka artati yang merupakan hibahan dari Prof. Dr. Zoetmulder, SJ yang terdiri dari buku-buku jawa kuno, sansekerta, religi dan budaya berjumlah sekitar 5.000 judul dengan 7.000 eksemplar. Juga koleksi pusdok verhaar yang merupakan koleksi pribadi Prof. Dr. J.W.M. Verhaar, SJ seorang ahli linguistik, berisi buku-buku linguistik berjumlah 5.964 judul dengan 8.000 eksemplar.

JENIS LAYANAN
Perpustakaan USD memberikan berbagai layanan sebagai berikut:
1. Loker
Pelayanan loker berupa penyediaan fasilitas untuk menitipkan barang-barang yang tidak boleh dibawa masuk ke perpustakaan.

2. Administrasi
Pelayanan administrasi meliputi pendaftaran anggota, penitipan ijasah, beres perpustakaan dan penyerahan skripsi.

3. Sirkulasi
3.1 Pelayanan Koleksi Sirkulasi
Pelayanan koleksi sirkulasi berupa peminjaman Koleksi buku teks yang dapat dipinjam dibawa pulang oleh anggota biasa. Koleksi buku teks yang dapat dipinjam adalah koleksi sirkulasi. Untuk memberikan kemudahan kepada pengguna yang berada di 2 lokasi, yaitu Kampus Mrican dan Paingan, perpustakaan USD membuka "Layanan Jarak Jauh". Mahasiswa di Kampus Mrican dapat meminjam koleksi yang berada di Kampus Paingan tanpa harus ke Kampus Paingan, tetapi hanya dengan mengisi formulir yang disediakan di Kampus Mrican.
3.2 Pelayanan Koleksi CD
Pelayanan Koleksi CD berupa peminjaman koleksi CD baik untuk digunakan di perpustakaan diakses menggunakan komputer multimedia maupun untuk dipinjam dibawa pulang.

4. Ruang Baca
Pelayanan ruang baca berupa penyediaan ruang untuk membaca bagi pengguna perpustakaan, dan dilengkapi dengan fasilitas meja, kursi, dan berbagai jenis koleksi yang meliputi koleksi cadangan, koleksi referensi, koleksi tugas akhir, koleksi terbitan berkala dan koleksi khusus.

5. Workstation
Pelayanan workstation berupa penyediaan fasilitas komputer yang dapat digunakan untuk pengetikan, penelitian maupun internet.

6. Komputer Multimedia
Pelayanan komputer multimedia berupa penyediaan fasilitas komputer yang dapat digunakan untuk mengakses CD-ROM yang disediakan oleh perpustakaan.

7. Fotokopi
Pelayanan fotokopi berupa penyediaan fasilitas penggandaan informasi tertulis dan tercetak untuk keperluan studi dan penelitian.

8. Koleksi Khusus
Pelayanan koleksi khusus berupa penyediaan koleksi pustaka artati dan pusdok verhaar untuk dibaca dan difotokopi sejauh fisik memungkinkan.

JENIS DAN SYARAT KEANGGOTAANJENIS ANGGOTA
Anggota Perpustakaan Universitas Sanata Dharma terdiri dari

1. Anggota Biasa
Terdiri dari mahasiswa, dosen, dan karyawan USD. Pelayanan yang diberikan berupa fasilitas untuk belajar, membaca, meminjam koleksi untuk dibawa pulang, workstation , komputer multimedia, dan fotokopi koleksi.

2. Anggota Baca
Terdiri dari alumni USD, mahasiswa, peneliti, dan masyarakat umum dari luar USD. Pelayanan yang diberikan berupa fasilitas untuk belajar, membaca, dan fotokopi koleksi.

SYARAT ANGGOTA
1. Anggota Biasa

a. Bagi mahasiswa menyerahkan ijasah asli yang tertinggi sebagai agunan perpustakaan.
b. Bagi dosen dan karyawan mengisi formulir surat keterangan yang telah di sediakan oleh perpustakaan.
c. Identitas USD terdiri dari kartu mahasiswa dan kartu pegawai USD berlaku sebagai kartu anggota perpustakaan, dan selanjutnya disebut sebagai kartu anggota biasa.

2. Anggota Baca
a. Menyerahkan foto kopi kartu alumni USD, kartu mahasiswa atau identitas lain yang masih berlaku sebanyak 1 lembar.
b. Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 2 x 3 cm sebanyak 1 lembar.
c. Membayar biaya administrasi sebesar Rp 10.000,00 untuk alumni USD, dan Rp 50.000,00 untuk anggota non-alumni dengan masa keanggotaan 1 bulan.
d. Alumni dan non-alumni dibuatkan kartu anggota perpustakaan, dan selanjutnya disebut sebagai kartu anggota baca.

Tidak ada komentar: